Sabtu, 21 Mei 2011

cara memperbaiki flashdisk write protected/disable

beberapa waktu kemaren gw lagi kesel banget sama flashdisk gw, lagi banyak - banyaknya tugas numpuk dan perlu gw simpen di flashdisk, ehh.. flashdisk gw malah ngambek. Setiap gw buka pasti write protected, di masukin data write protected di delete write protected, di format write protected, di banting sayang, di cari penggantinya, gw enggak ada biaya.
rasanya tuh..aaaaaaaaaaaagggggggggggggggggggggggggggggghhhhhhhhhhh...!!!!
akhirnya gw nyari - nyari aja cara lewat mbah google. akhirnya gw dapet deh.
setelah gw cari,dan gw kutak - kutik tuh flashdisk yang hampir the end. akhirnya dia kembali  :)


langsung gw share aja ya..

langsung aja pembahasan masalah khusus flashdisk kena “write protected”, nah berikut penjelasan mengenai artikel yang akan gw bahas.
Garis besar pada tutorial ini adalah:
- USB FlashDisk kita muncul pesan “Write Protect Error”.
- Kita gak bisa hapus file atau juga copy file dan data-data ke USB Flash Disk kita.
-Ketika kita ingin melakukan format Flash Disk, muncul tulisan “Write Protect”.
-Flash Disk mengalami masalah hanya pada komputer-komputer tertentu saja.
Pesan error yang muncul :
di kasus yang ini adalah, akan ada pesan yang tampil sewaktu kita melakukan format pada flashdisk kita.
Lalu di kasus yang ke dua, sewaktu kita lakukan copy-paste, atau dengan kata lain memindahkan file.
Pesan ini tampil sewaktu kita mau memasukan data hardisk ke flashdisk
Membetulkan dengan cara CHKDSK dan juga kita Format lewat Dos Prompt:
  1. Pertama-tama kita masuk terlebih dahulu ke DOS Prompt yang ada pada Windows XP lalu selanjutnya kita ketikan CHKDSK /F Drive letter : (chkdsk /f v:
  2. Setelah proses memeriksa Check Disk (CHKDSK) telah berakhir, silahkan kita hapus semua data yang tersimpan dalam Flash Disk, perintah nya adalah “Del drive letter:*.*”(tanpa tanda petik). Contoh perintah menghapus data didalam Flash Disk di drive V: DEL V:*.*
  3. Silahkan coba lagi format menggunakan perintah Dos Promt. Format V:
  4. kita bisa juga menggunakan cara lain, yaitu dengan Computer Management, silahkan perhatikan volume yang ada pada drive V, kemudian kita akan melakukan format. Namun jika tetap muncul pesan error, coba kita booting ulang komputer nya.
Langkah 1
Langkah 2
Langkah 3.4
Kasus Flash Disk Write Protect terkadang hanya terjadi pada satu buah computer sementara beberapa waktu masih dapat digunakan oleh komputer berbeda. Tetapi dapat juga langsung terjadi pada semua komputer yang ketika kamu menghubungkan Flash Disk kamu baik pada sistem Windows XP atau OS lain.
Hal lain dapat saja membuat error pada flash disk kamu dan belum tentu disebabkan karena corrupt file yang membuat kasus seperti di atas.
Atau Dengan cara :
Cara 1:
1. Masuk ke regedit
2. Msuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Contro l\StorageDevice\Policies
3. Dobel klik di string ‘WriteProtect’ trus ubah Value datanya ke ‘0’
4. Trus ulangi langkah nomer 3 di tiap2 folder dgn nama ‘ControlSet***’ dll (ada semua di system).
5. Setelah semuanya selesai, dicoba deh format tuh flash disk/isi/copas file ke/dari flash disk trsebut.

Cara 2:
1. Buka Control Panel
2. Buka Administrative Tools
3. Masuk ke Computer Management
4. Dibawah Storage di panel sebelah kiri, Klik Disk Management
5. Pilih Flash Disk yg write protected
6. Klik kanan trus pilih “Delete Partition”
7. Stelah selesai, klik kanan lagi trus pilih “Create Partition”.

Cara 3:
1. Masuk ke DOS Promt (Win+R ketik cmd) Windows XP dan ketik CHKDSK /F Drive letter : (chkdsk /f g)
2. Selesai memeriksa dari Check Disk (CHKDSK), coba deh buang file yang ada di Flash Disk dengan perintah Del drive letter:*.*. Contoh pada perintah membuang file dari Flash Disk di drive G: adalah DEL G:*.*
3. Setelah ntu coba deh format dengan perintah di Dos Promt , Format G:
Semoga Flashdisknya  bisa di perbaiki yaaa  !!

Good Luck guys.. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar